Penanganan Pengendalian Perubahan Iklim Dengan Pendekatan Ketahanan Nasional

Ada banyak hal yang menarik pada Festival Iklim yang diadakan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun ini. Nah, sobat Luluk’s Update, kali ini kami menemukan pemberitaan terkait dengan Menteri KLHK, Siti Nurbaya, mengatakan penanganan pengendalian perubahan iklim akan dilakukan dengan pendekatan ketahanan nasional.


Ketahanan Nasional dirumuskan sebagai kondisi dinamis bangsa Indonesia dalam seluruh aspek kehidupan yang terintegrasi, yang merupakan perpaduan antara keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan dalam mengembangkan segenap potensi sumber daya yang dimiliki, guna menghadapi dan mengatasi segala bentuk Tantangan, Ancaman, Hambatan, dan Gangguan (TAHG), baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri, serta langsung maupun tidak langsung, yang dapat membahayakan integritas, identitas, eksistensi bangsa dan negara Republik Indonesia.


BACA JUGA : Elaborasi Perhutanan Sosial


Terkait dengan hal ini, berdasarkan data Sistem Informasi Data Indeks Kerentanan (SIDIK) yang dikembangkan KLHK dengan menggunakan data Potensi Desa Tahun 2014, diindikasikan banyak desa di Indonesia mempunyai tingkat kerentanan sedang sampai sangat tinggi.


Oleh karena itu, pemerintah perlu menyiapkan langkah antisipatif melalui peningkatan kapasitas adaptasi seluruh pihak dan menurunkan keterpaparan terhadap dampak perubahan iklim.


Untuk lebih tahu mendalam terkait dengan pemberitaan minggu ini, sobat Luluk’ Update dapat mengunduh bahan yang tersedia di tautan di bawah ini.


Sampai jumpa minggu depan di Instagram Madani ya, pokoknya kita bakal seru-seruan deh ngomongin lingkungan kita.


Silahkan download file yang berkaitan dibawah ini:

 Pemberitaan Media Edisi Minggu I Oktober 2019.pdf