Benarkah Pemerintah Konsisten Mendorong Pembangunan Rendah Karbon?

Halo Sobat Luluk’s Update semua. Pekan ini, Luluk’s Update menemukan pemberitaan menarik terkait dengan pembangunan rendah karbon ni.


Asisten Deputi Kerja Sama Ekonomi Multilateral dan Pembiayaan Kemenko Perekonomian, Rizal Edwin Manansang menyebut bahwa sampai saat ini, pemerintah secara konsisten mengembangkan pembangunan rendah karbon di Indonesia.


Satu langkah yang diupayakan terkait dengan hal ini adalah dengan mendorong sektor swasta sebagai pemain utama untuk mengurangi emisi. Terkait dengan hal ini, pemerintah mendorong program Joint Crediting Mechanism (JCM). JCM adalah sistem untuk bekerja sama dengan negara-negara berkembang untuk mengurangi emisi gas rumah kaca, di mana hasil pengurangan dinilai sebagai kontribusi oleh negara-negara mitra dan Jepang


BACA JUGA : Hakikat Hutan


JCM juga merupakan wadah untuk upaya tersebut sekaligus bagian dari implementasi kerjasama bilateral ekonomi, teknologi, peningkatan kapasitas, dan investasi antara Pemerintah Indonesia dan Jepang.


Implementasi JCM di Indonesia mendapat predikat termaju di antara 17 negara lain yang juga bekerja sama dengan Pemerintah Jepang, yaitu sebanyak 35 proyek. JCM Indonesia sudah mempunyai infrastruktur yang lengkap sesuai dengan standar internasional serta mengedepankan kontribusi terhadap pembangunan berkelanjutan.


Nah, ingin tahu lebih banyak tentang isu tersebut dan pemberitaan lainnya yang diangkat media pekan?

Langsung saja, unduh bahannya di tautan yang tersedia di bawah ini ya. Semoga bermanfaat.


Silahkan download file yang berkaitan dibawah ini:

 Pemberitaan Media Edisi Minggu IV Oktober 2019.pdf