Perhutanan Sosial Membantu Memenuhi Komitmen Iklim Indonesia

Salah satu program prioritas nasional Pemerintah Indonesia yakni perhutanan sosial memiliki potensi besar untuk membantu Indonesia memenuhi komitmen iklimnya, tentu secara nasional yakni pencapaian komitmen iklim Indonesia melalui NDC.


Target NDC saat ini mengharuskan negara untuk mengurangi emisi di sektor kehutanan oleh 497 Mton CO2e dengan miliknya sendiri upaya hingga 650 Mton CO2e dengan dukungan internasional dari Tingkat BAU pada tahun 2030. Ini berarti bahwa sektor ini memiliki beban tugas mencapai sekitar 60% dari Indonesia tanpa syarat dan emisi bersyarat target pengurangan pada tahun 2030. 


BACA JUGA : Madani Insight Vol.1


Banyak dari target ini direncanakan dipenuhi dengan mengurangi keduanya yang direncanakan dan deforestasi yang tidak terencana. Untuk memenuhi NDC tanpa syarat target, dari 2018 hingga 2030 Indonesia harus mempertahankannya deforestasi tidak melebihi 3,963 juta hektar dengan hanya 0,845 juta hektar tersisa untuk memenuhi
target bersyarat.


Untuk mengetahui lebih lanjut policy input ini, silakan unduh materi yang tersedia di tautan di bawah. Semoga bermanfaat.