Madani's Update RPJMN 2020-2024

Hutan, Gambut, Masyarakat Adat, dan Perubahan Iklim dalam Perencanaan Pembangunan Indonesia 2020-2024 Update Mengenai RPJMN 2020-2024

Update ini adalah cuplikan dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 tentang hutan alam, hutan di lahan gambut, rehabilitasi hutan dan lahan, restorasi gambut, kebakaran hutan dan lahan, pengurangan emisi, perhutanan sosial dan reforma agraria, masyarakat adat, dan proyek pembangunan yang berdampak pada hutan. Hutan primer dicantumkan sebagai pengaman pembangunan, tetapi hutan sekunder tidak. 


BACA JUGA : Madani Insight Vol.1


Restorasi gambut tetap menjadi prioritas, tetapi tidak masuk dalam daftar major project . Target perhutanan sosial dan reforma agraria tetap kuat, tetapi hutan adat tidak disebutkan secara eksplisit dalam dokumen narasi utama. Sementara itu, bahasa perlindungan hak-hak masyarakat adat selain di dalam konteks pembangunan di Papua tampaknya menghilang dari narasi.


Untuk mengetahui lebih lengkapnya terkait dengan update RPJMN 2020-2024, silakan unduh laporan yang tersedia di tautan di bawah ini.

Semoga bermanfaat.