Madani Insight Vol.6

"Gambaran Industri Sawit Indonesia, Menjawab Asumsi Dengan Fakta dan Angka"

  

Madani Berkelanjutan merilis beberapa temuan menarik terkait dengan industri sawit di Indonesia. Temuan tersebut disajikan dalam Info Brief Madani Insight yang disusun ke dalam beberapa volume.

  

BACA JUGA : Madani Insight Vol.5

  

Ada beberapa poin penting yang ditemukan Madani Berkelanjutan dalam Info Brief volume 6 ini :


Urgensi Diversifikasi Komoditas Kunci Kesejahteraan dan Ketahanan Pangan Riau. Tingkat kesejahteraan dan ketahanan pangan Riau perlu digantungkan pada keberagaman dan keseimbangan tingkat produksi antar komoditas yang diusahakan oleh masyarakat. Pilihan untuk bergantung pada satu komoditas yang dominan akan terlalu berisiko pada perekonomian daerah.


Perkebunan Sawit dan Kemandirian Desa di Riau: Sebuah Pandangan Atas Data. Kontribusi perkebunan sawit baik yang legal maupun ilegal terhadap pembangunan desa di Riau masih jauh dari harapan. Hampir 90% desa yang berada di sekitar perkebunan sawit belum mendapatkan manfaat optimal atas keberadaan perkebunan sawit tersebut. Diperlukan komitmen yang kuat dari semua pihak untuk menyelesaikan persoalan ini.


Menilik Kesejahteraan Petani Sawit Rakyat. Laju penambahan luas area tanam sawit rakyat bertambah secara signifikan setiap tahunnya, namun demikian tidak dengan tingkat kesejahteraan yang dirasakan petani. Riau yang memiliki luas area tanam sawit rakyat terbesar, hanya pada tahun 2017 petani sawit memiliki tingkat kesejahteraan yang baik.


Untuk Info Brief Madani Insight Volume 6 ini, selengkapnya dapat diunduh di tautan yang tersedia di bawah ini. Semoga bermanfaat.


Silahkan download file yang berkaitan dibawah ini:

 Infobrief Vol.6