1000 Gagasan: Hariadi Kartodihardjo

Hariadi Kartodihardjo adalah Guru Besar Kebijakan Kehutanan, IPB. Pria kelahiran Jombang, 24 April 1958 ini punya segudang pengalaman dan riset terkait dengan sumber daya alam khususnya di bidang kehutanan. 


Menurut Hariadi, pembangunan ekonomi tanpa merusak lingkungan cukup sederhana. Misalnya, kalau kita menanam pohon, maka jangan sampai lahannya itu konflik, itu adalah suatu syarat. Termasuk juga pembangunan itu akan gagal kalau terjadi korupsi dan birokrasi tidak bekerja secara efektif dan efisien.  


Kunjungi Juga: 1000 Gagasan: Ismid Hadad


Dalam 1000 Gagasan Pembangunan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan, Hariadi Kartodiharjo menyumbangkan gagasanya yang berjudul “Kekayaan Sumberdaya Alam di Bawah Cengkeraman Korupsi Institusional”. Tulisan tersebut mengungkapkan bahwa apabila ada investasi maka diikuti adanya dampak posistif terutama bagi ekonomi, dan dampak negatif terutama bagi lingkungan hidup, dapat menjadi titik awal bagaimana pembangunan itu seharusnya berjalan. Namun tidak sesederhana itu, karena dampak positif maupun negatif tersebut dapat dirasakan oleh kelompok masyarakat tertentu dan tidak dirasakan oleh kelompok masyarakat lainnya, dalam jangka pendek maupun jangka panjang. 


Agar selalu terjadi keseimbangan dan keadilan, investasi bukan saja dikendalikan sesuai daya dukung dan daya tampung lingkungan hidup, tetapi hasil dan dampaknya harus dapat diidstribusikan secara adil. Hal itu menunjukkan di satu sisi, penggunaan ilmu pengetahuan harus komprehensif yang dikenal dalam bentuk transdisiplin dan peka terhadap nilai-nilai keadilan dan kemanusiaan, di sisi lain, penggunaan ilmu pengetahuan itu harus patuh pada hukum alam yang bekerja atas kehendak sifat-sifat alam itu sendiri.