1000 Gagasan: Emil Salim
Prof. Dr. Drs. Emil Salim, M.A

Prof. Dr. Drs. Emil Salim, M.A. dikenal publik sebagai seorang ekonom bahkan ekonom yang paling senior Indonesia saat ini. Bukan hanya itu, selain dikenal sebagai ahli ekonomi, Emil Salim Salim juga dikenal sebagai cendekiawan, pengajar, dan politisi Indonesia.


Tercatat, Pendiri dan Dewan Pembina Keanekaragaman Hayati Indonesia (KEHATI) ini sudah lima kali menjabat sebagai menteri selama 22 tahun. Di 3 periode terakhir masa pengabdiannya, Emil Salim menjabat sebagai menteri negara yang mengurus lingkungan hidup.


KUNJUNGI JUGA: 1000 Gagasan: Ismid Hadad


Emil Salim juga berulang tahun ke-90 pada bulan Juni lalu dan masih aktif meyumbangkan gagasan-gagasan pembangunan ekonomi yang lebih berkelanjutan. Pria kelahiran Lahat, 8 Juni 1930 ini juga tidak mau ketinggalan untuk berkontribusi dalam gagasan besar yang digalang Yayasan Madani Berkelanjutan yakni 1000 Gagasan Pembangunan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan.


Dua tulisan Emil Salim ikut meramaikan 1000 Gagasan ini, dua tulisan tersebut berjudul “Pembangunan Berkelanjutan” dan “Membangun Kalimantan Selatan Secara Berkelanjutan”. Emil Salim juga berpesan, Tanah Air Indonesia kaya dengan spesies yang mengisi keanekaragaman hayati, maka menurutnya sangatlah penting agar kita tidak memperparah kerusakan alam hayati yang indah ini.