Webinar “Ancaman Kebakaran Hutan Di Tengah Pandemi"

Musim kemarau menjadi pertanda hadirnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, bencana ini masih menjadi bencana rutin hampir setiap tahunnya. Lahan yang terbakar mencapai 1,6 juta hektare pada 2019.

 

Pemerintah telah mengambil tindakan menangani Karhutla. Para pihak yang disinyalir sebagai pelaku juga ditangkap. Ke depan, penanganan Karhutla tidak cukup hanya dengan tindakan, melainkan juga perlu upaya mitigasi agar Karhutla bisa dicegah.


BACA JUGA: Penanganan Bahaya Karhutla dan Covid-19 Harus Berfokus Pada Mitigasi 

 

Karena itu, komitmen dan sinergi berbagai pihak menjadi sangat penting untuk mencegah karhutla sedini mungkin. Apalagi, ada ancaman lain yang tengah dihadapi masyarakat, yakni pandemi Covid-19.

 

Perpaduan karhutla dan pandemi virus Corona akan mengkhawatirkan masyarakat di sekitar wilayah rawan kebakaran karena sejumlah faktor. Bersama Katadata, Yayasan Madani Berkelanjutan menyelenggarakan Webinar “Ancaman Kebakaran Hutan di Tengah Pandemi” dengan narasumber Kepala BNPB Doni Monardo, Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kemenkes Wiendra Waworuntu dan Direktur Eksekutif Yayasan Madani Berkelanjutan Teguh Surya, dan dipandu oleh Arie Mega dari Katadata. Diskusi ini dilaksanakan pada 13 Agustus 2020.

 

Materi-materi TalkShop dapat diunduh di link berikut: