Ancaman Karhutla dan Covid-19 di Masa Pandemi

Musim kemarau menjadi pertanda hadirnya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Indonesia. Sejak tahun 1990-an hingga sekarang, bencana ini masih menjadi bencana rutin hampir setiap tahunnya. Faktor iklim ekstrem, seperti El Nino menyebabkan kekeringan panjang sehingga memicu karhutla. Selain El Nino, berdasarkan temuan Center for International Forestry Research (CIFOR), pemicu lainnya adalah pembukaan lahan perkebunan kelapa sawit. Titik api banyak ditemukan di lahan konsesi perusahaan perkebunan maupun wilayah prioritas restorasi gambut. Pemerintah telah mengambil tindakan menangani Karhutla.


Para pihak yang disinyalir sebagai pelaku juga ditangkap. Namun, upaya penegakan hukum ini kerap terbentur persoalan transparansi data kepemilikan konsesi lahan. Apalagi, banyak kasus Karhutla di Indonesia dipicu oleh aktivitas manusia, dalam bentuk land clearing untuk perkebunan kelapa sawit dan perkebunan untuk bahan baku kertas. Selain itu, Karhutla semakin menantang karena luasnya lahan gambut di Indonesia. 


Bagaimana pemetaan wilayah yang berpotensi rawan karhutla pada 2020? Bagaimana mitigasi ancaman karhutla ditengah pandemi Covid-19 ini? Simak Katadata Forum Virtual Series "Ancaman Karhutla dan Covid-19 di Masa Pandemi" Kamis, 13 Agustus 2020 | 10.00 - 11.30 WIB Bersama: 1. Kepala BNPB - Doni Monardo 2. Gubernur Kalimantan - Barat Sutarmidji 3. Dirjen Pengendalian Perubahan Iklim KLHK - Ruandha Agung Sugardiman 4. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P3ML) - Wiendra Waworuntu 5. Direktur Eksekutif Yayasan Madani Berkelanjutan - Teguh Surya Moderator: Arie Mega, Katadata Untuk informasi lengkap kunjungi: Pantau dan Subscribe Madani Berkelanjutan Official.


Website              : https://bit.ly/1000Gagasan 

Youtube              : https://bit.ly/MadaniChanel 

Instagram           : https://www.instagram.com/madaniberke... 

Facebook           : https://web.facebook.com/madaniberkel... 

Twitter                : https://twitter.com/yayasanmadani β£

#TemenanLagi untuk #1000GagasanEkonomi demi #IndonesiaTangguh πŸŒΏπŸ‘«πŸŒβ β£β£