Hutan Dikelola Masyarakat, Iklim Selamat : Praktik Terbaik Perhutanan Sosial untuk Mencapai Komitmen Iklim Indonesia

Rembuk Nasional Pemangku Kepentingan :Bergandengan Tangan Merawat Iklim untuk Mencapai Komitmen Indonesia yang diselenggarakan pada Selasa, 05 November 2019, di Hotel Puri Denpasar, Jakarta.
Bergandengan Tangan Merawat Iklim untuk Mencapai Komitmen Indonesia
November 4, 2019
PR Mendesak Presiden dan Kabinet Perkuat Aksi untuk Melawan Krisis Iklim
November 5, 2019
Rembuk Nasional Pemangku Kepentingan : Hutan Dikelola Masyarakat, Iklim Selamat : Praktik Terbaik Perhutanan Sosial untuk Mencapai Komitmen Iklim Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Puri Denpasar, Selasa, 06 November 2019.

Rembuk Nasional Pemangku Kepentingan : Hutan Dikelola Masyarakat, Iklim Selamat : Praktik Terbaik Perhutanan Sosial untuk Mencapai Komitmen Iklim Indonesia yang diselenggarakan di Hotel Puri Denpasar, Rabu, 06 November 2019.

Banyak praktik baik yang dilakukan oleh masyarakat dalam mengelola Perhutanan Sosial di tanah air, seperti di antaranya keberhasilan warga Dusun Kalibiru, Yogyakarta dalam mengelola Hutan Kemasyarakatan (HKm), masyarakat Bukit Panjang Rantau Bayur (Bujang Raba), Jambi dalam menjaga Hutan Desa demi mempertahankan hulu Sungai Batanghari dan masyarakat adat Marena dalam mengelola Hutan Adat untuk mengembalikan hak adat atas wilayah hutan.

Dengan tujuan menjembatani para-pihak dalam mewujudkan tata kelola hutan dan lahan yang berkelanjutan dalam menopang pencapaian target NDC, Yayasan MADANI Berkelanjutan bermaksud menyelenggarakan Pertemuan Nasional Pemangku Kepentingan dengan tema Hutan Dikelola Masyarakat, Iklim Selamat: Praktik Terbaik Perhutanan Sosial untuk Mencapai Komitmen Iklim Indonesia. Acara ini akan diselenggarakan Madani Berkelanjutan pada Selasa, 05 November 2019 bertempat di Puri Denpasar Hotel.

Dalam pertemuan ini, hadir sejumlah stakeholder, baik pemerintah, praktisi, dan masyarakat sipil, seperti Untung Widyanto yang akan menyampaikan pesan kunci dari Buku Perhutanan Sosial – Menjaga Hutan, Merawat Iklim: Praktik Terbaik Perhutanan Sosial dalam Menjaga Iklim Bumi. Kemudian cerita sukses dari beberapa tokoh masyarakat yakni perwakilan dari Hutan Kemasyarakatan (HKm) Kalibiru, Yogyakarta, Hutan Desa Bujang Raba, Jambi, dan Hutan Adat Marena.

Hadir juga Direktur Inventarisasi Gas Rumah Kaca dan Monitoring, Pelaporan dan Verifikasi, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Joko Prihatno yang akan menyampaikan inisiatif Indonesian Certified Emission Reduction (ICER) dan bagaimana perhutanan sosial bisa mendapatkannya. Kemudian perwakilan dari Badan Kebijakan Fiskal (BKF) Kementerian Keuangan, Joko Tri Haryanto yang akan menyampaikan terkait Badan Pengelola Dana Lingkungan Hidup (BPDLH) dan akses pendanaan untuk adaptasi-mitigasi berbasis masyarakat, dan juga beberapa praktisi lainnya.

Madani Berkelanjutan pun berharap, komunikasi dan ruang dialog antar pemangku kepentingan baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, masyarakat lokal dan masyarakat adat, serta penggiat lingkungan hdiup dalam mendukung program Perhutanan Sosial untuk mencapai dan meningkatkan komitmen iklim Indonesia terbangun dan terjalin dengan baik.

Pertemuan Nasional NDC

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *