Madani Insight Vol.1

"Gambaran Industri Sawit Indonesia, Menjawab Asumsi Dengan Fakta dan Angka"


Madani Berkelanjutan merilis beberapa temuan menarik terkait dengan industri sawit di Indonesia. Temuan tersebut disajikan dalam Info Brief Madani Insight yang disusun ke dalam beberapa volume.


Ada beberapa poin penting yang ditemukan Madani Berkelanjutan dalam Info Brief volume satu ini :


BACA JUGA : Madani Insight Vol.2


1. Antara Penambahan Lahan Sawit dan Konflik Laju penambahan lahan sawit tertanam pada tahun 2017 mencapai 17,7% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Angka tersebut adalah tertinggi dalam kurun waktu 8 tahun terakhir. 


2. Antara Sawit dan Ekonomi Regional Dari lima provinsi dengan laju penambahan luas sawit tertanam tertinggi, hanya dua diantaranya yang memiliki pertumbuhan ekonomi regional yang berbanding lurus dan meningkat secara signifikan. 


3. Habis Karhutla, Timbulah Sawit?: Data menunjukan sebuah indikasi yang kuat terkait dengan korelasi antara deforestasi, kebakaran hutan dan pembukaan sawit baru, khususnya dilihat dari jumlah tanaman immature (Tanaman Belum Menghasilkan). 


BACA JUGA : Bom Waktu Bernama Omnibus Law


4. Antara Sawit dan Kejadian Bencana: Terdapat pola yang dapat dipelajari dari lima provinsi dengan lahan sawit tertanam terluas, bahwa deforestasi yang terjadi pada periode 2011 telah meningkatkan peluang terjadinya bencana (longsor dan banjir) pada tahun 2018.


Untuk Info Brief Madani Insight Volume 1 ini, selengkapnya dapat diunduh di tautan berikut. Semoga Bermanfaat.



Silahkan download file yang berkaitan dibawah ini:

 Infobrief Vol.1