1000 Gagasan: Ronny P Sasmita

Ronny P.Sasmita, pengamat ekonomi yang juga Direktur Eksekutif Economic Action (EconAct) Indonesia ini, kerap memberikan gagasannya di berbagai surat kabar di Indonesia. Ronny dikenal juga sebagai kolumnis dan ahli di bidang ekonomi makro, ekonomi moneter, dan capital market.


Dalam 1000 Gagasan Pembangunan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan, Ronny P.Sasmita menyumbangkan gagasannya yang berjudul “Memberi Ruang Praktek-Praktek Ekonomi Prokonservasi”.


KUNJUNGI JUGA: 1000 Gagasan: Joko Tri Haryanto


Menurut Ronny P.Sasmita, persoalan-persoalan mematikan di balik kerakusan modernitas, kaganasan kapitalisme, atau imoralitas kekuasan semacam ini, yang menggerogoti masa depan kelestarian alam di negeri ini, adalah persoalan-persoalan yang harus secara terus-menerus diulas secara apik, spesifik, dan analitis di ruang publik. Dengan bauran berbagai keilmuan, baik hukum lingkungan, ilmu lingkungan, tata kota, kependudukan, ekonomi, dan kajian strategis, dan perspektif empiris atau pengalaman lapangan, akan membuat isu lingkungan dan pembangunan berkelanjutan menjadi semakin menarik untuk diperhatikan. 


Pendeknya, jika kita terlalu rakus melahap hari ini sembari mengorupsi masa depan miliaran masa depan generasi yang akan datang tanpa rasa bersalah sedikitpun, jika kita tak pernah ambil pusing dengan segala tetek bengek kelestarian alam dan kelangsungan alamiah dari bumi ini, maka jangan salahkan siapa-siapa jika kemudian sejengkal demi sejengkal, sedepa demi sedepa, semeter demi semester, lalu satu dua tiga mil dan seterusnya, pelan-pelan alam mulai mengusir dan menyingkirkan kita.