1000 Gagasan: Komunitas E-WasteRJ
Komunitas E-WasteRJ

Komunitas EwasteRJ adalah sebuah komunitas yang peduli akan limbah elektronik yang kian menjadi pekerjaan rumah bangsa ini. Komunitas EwasteRJ diinisiasi oleh seorang pemuda bernama Rafa Jafar. Komunitas peduli akan lingkungan ini pun ikut berpartisipasi dalam 1000 Gagasan Pembangunan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan dengan menyumbangkan gagasan mereka yang berjudul "Sampah Elektronik: Jadi Ancaman Jika Kita Lupakan”.


Menurut komunitas EwasteRJ, pada era digital ini kemajuan teknologi berkembang dengan sangat pesat yang juga berdampak negatif terhadap pola hidup masyarakat yang konsumtif. Hingga akhirnya Indonesia menghasilkan 1618 kiloton selama setahun dan didaulat menjadi penyumbang sampah elektronik tertinggi di Asia Tenggara. Selain itu, pengelolaan sampah elektronik di Indonesia juga masih kurang mumpuni baik dari pemerintah, produsen maupun pendaur-ulangnya.


BACA JUGA: Green Millennialnomic: Mendorong Milenial Bangun Ekonomi Berbasis Ekologi


Untuk itu, para penulis yang tergabung di komunitas satu ini menambahkan bahwa mengurangi kemungkinan timbulnya sampah elektronik sangat perlu untuk dilakukan. Salah satu pendekatannya adalah pembentukan gaya hidup dengan pola pikir konsumsi teknologi yang berkelanjutan. Konsumen diharapkan dapat semakin bijak dalam membeli dan menggunakan barang elektronik yang dimiliki serta bijak memperlakukan barang elektronik yang sudah menjadi sampah elektronik.