1000 Gagasan: Dzikri Abdul Aziz

Dzikri Abdul Aziz adalah bagi dari Tim Kreatif Molfane.co. Dalam 1000 Gagasan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan, Dzikri menyalurkan gagasannya yang berjudul "Mewujudkan Indonesia MERATA (Modal Ekonomi Masyarakat Sejahtera) Melalui Fintech dalam Peningkatan Inovasi Model Pembiayaan dan Pelatihan UMKM". 


Menurut Dzikri, akses permodalan dinilai sangat penting dikarenakan selain untuk menggerakkan roda usaha, permodalan juga digunakan oleh pelaku UMKM dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas produk yang dihasilkannya agar terus dapat bersaing. Namun pada tahun 2014 hanya 60 persen dari jumlah UMKM yang memiliki akses permodalan sehingga 40 persen UMKM diantaranya tidak mendapatkannya secara optimal, sehingga masih terdapat kendala dalam penyaluran akses permodalan terhadap para pelaku UMKM.


BACA JUGA: Wisata Bahari Kerakyatan Berkelanjutan


Ia juga mengatakan bahwa permasalahan tersebut dapat diatasi melalui program MERATA (Modal Ekonomi Masyarakat Sejahtera) berbasis Financial Technology (Fintech) yang secara langsung dapat memberikan akses permodalan serta pelatihan bagi para pelaku UMKM sehingga dapat mengoptimalkan fenomena Sharing Economy. MERATA juga akan memberikan pelatihan dan pengawasan terhadap pelaku UMKM maupun masyarakat yang ingin menjadi pelaku UMKM. Memiliki karakteristik Easy, Low Interest, Secure and Reliable, Affordable, Proportional, dan Convenience sehingga mampu mendorong terjadinya pertumbuhan ekonomi inklusif di Indonesia.