1000 Gagasan: Muhammad Wahdini

Muhammad Wahdini adalah seorang penggerak Gerakan BangSaku di Balikpapan, Kalimantan Timur. Gerakan BangSaku ini sendiri adalah sebuah gerakan buang sampah di saku sebelum ke tong sampah. Tentu dalam upaya menjaga lingkungan gerakan ini menjadi gerakan dasar yang sangat bermanfaat dalam membentuk kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan.


Nah, dalam 1000 Gagasan Pembangunan Ekonomi Tanpa Merusak Lingkungan, Muhammad Wahdini menyalurkan gagasannya yang berjudul "Menginisiasi Ruang Terbuka Hijau Kota yang Berkelanjutan".


BACA JUGA: Blue Economy Sebagai Model Pembangunan Wilayah Pesisir


Menurut Muhammad Wahdini, tingginya laju pertumbuhan penduduk di suatu daerah pasti akan diikuti dengan laju pertumbuhan kawasan terbangun seperti pemukiman dan perkantoran. Alih fungsi lahan menjadi hal yang tak terelakkan dan akibatnya Ruang Terbuka Hijau (RTH) menjadi minim. Padahal, sejatinya tata ruang kota tidak hanya untuk kawasan budidaya atau terbangun, fungsi RTH perkotaan diperlukan untuk menyeimbangkan kondisi ekologis kota karena pohon dan tanaman akan membantu dalam penyerapan karbon dioksida sekaligus menyimpan air, dan parahnya fungsi ini makin menurun di kota-kota besar dan makin jauh dari kesan teduh. Karena itu, perlu inisiasi untuk peluang pemanfaatan lahan tidur sebagai Ruang Terbuka Hijau yang berkelanjutan.