1000 Gagasan: Alya Lihan Eltofani dan Jovita Chiara

Alya Lihan Eltofani dan Jovita Chiara adalah mahasiswa dari Institut Teknologi Bandung. Kepeduliannya terhadap isu pangan, mendorong keduanya untuk menyalurkan ide demi mewujudkan pembangunan ekonomi tanpa merusak lingkungan.


Dalam video yang berjudul Ekonomi Lapang (Lahan dan Pangan), mereka percaya bahwa kemandirian pangan adalah kunci dari ketahanan pangan itu sendiri. Menurut mereka, kemandirian pangan merupakan salah satu solusi untuk memutuskan rantai distribusi yang panjang dan berdampak buruk pada harga pangan dan juga lingkungan. Namun, banyaknya alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan non-pertanian serta banyaknya lahan-lahan suboptimal yang belum maksimal penggunaannya menjadi faktor penghalang pencapaian tersebut. 


BACA JUGA: Program Eco-Woman Dalam Mewujudkan Pembangunan Ekonomi Berbasis Kepedulian Terhadap Lingkungan


Melihat besarnya potensi lahan-lahan suboptimal yang tersebar di Indonesia, maka gagasan yang diusung adalah membuat sebuah lembaga yang bertugas membantu memetakan lahan-lahan suboptimal mulai dari tingkat desa, membantu memantau ketersediaan pangan serta membantu proses distribusi sehingga diharapkan dapat memutuskan rantai distribusi yang panjang.