1000 Gagasan: Sunarmo

Sebagai dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Al Azhar Indonesia, Sunarmo menaruh perhatian tersendiri mengenai bagaimana pentingnya pemerintah Indonesia perlu berfokus pada penngembangan sektor pariwisata Indonesia guna meningkatkan perekonomian nasional.


Perhatian Sunarmo pada keinginannya memajukan sektor pariwisata Indonesia ia tuangkan dalam tulisan berbentuk opini pada 1000 Gagasan Ekonomi tanpa Merusak Lingkungan dengan  judul Mengembangkan Pariwisata Halal Berkelanjutan


BACA JUGA: Menginisiasi Ruang Terbuka Hijau Berkelanjutan


Tidak hanya berfokus pengembangan infrastruktur dan meningkatkan jumlah pengunjung sebagai bentuk devisa dan pemasukan langsung di masyarakat, Sunarmo berpendapat bahwa pemerintah Indonesia perlu mengembangkan konsep pariwisata dengan diversifikasi ramah muslim atau yang lebih dikenal dengan pariwisata halal. Menurutnya, dengan mengutamakan prinsip, nilai, serta etika islami dalam sektor pariwisata, maka sektor pariwisata Indonesia dapat mencapai aspek-aspek keberlanjutan sumber daya, baik sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Aspek-aspek islami yang ia maksud salah satunya mengenai aspek kebermanfaatan manusia bagi ekosistem yang berkaitan erat dengan nilai-nilai cinta lingkungan.