1000 Gagasan: Muhammad Gilang Alifandri Hasanuddin

Muhammad Gilang Alifandri Hasanuddin atau yang biasa dipanggil Gilang, merupakan mahasiswa teknik sipil di Universitas Hasanuddin. Meskipun usianya masih terbilang muda, Gilang telah mencetak berbagai prestasi di bidang kepenulisan. Bahkan ia sempat terpilih menjadi Duta Zetizen Jawa Pos untuk perwakilan Sulawesi Tenggara tahun 2016 silam.


BACA JUGA: Mersondy Adrian


Guna menekuni kegemaran menulisnya, Gilang turut berkontribusi mengirimkan opininya dalam seri 1000 Gagasan ekonomi tanpa merusak lingkungan yang bertajuk Konsep Ekonomi Lingkungan dalam Pembangunan Berkelanjutan. Menurutnya, pada waktu titik tertentu sistem ekonomi akan berisi kemampuan teknologi kegiatan produksi, distribusi, dan komunikasi. Faktor teknologi tersebut membuat kondisi di mana sumber daya alam di luar kemampuan unsur alaminya, dan terjadi degradasi lingkungan.


Gilang juga menambahkan, pembangunan hanya dapat berkelanjutan bila ada keharmonisan hubungan antara ekonomi, lingkungan, dan pengelolaan sumber-sumbernya. Bahwa antara kegiatan ekonomi dan pengelolaan lingkungan selalu berinteraksi satu sama lain. Pertumbuhan ekonomi dapat dicapai apabila proses tersebut dapat berkelanjutan yaitu dalam memanfaatkan sumber daya alam baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui dengan tidak didegradasi.