1000 Gagasan: Hasna Afifah

Hasna Afifah merupakan seorang penulis di suatu lembaga riset nirlaba yang bernama NKRI Youth. Lembaga riset tersebut bergerak di bidang pemberdayaan serta riset mengenai perspektif baru yang dapat digunakan guna menyelesaikan permasalahan yang sedang dihadapi Indonesia. Keterlibatan Hasna di bidang riset tentunya didukung oleh latar belakang pendidikan Hasna yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung jurusan Teknik Kehutanan.


BACA JUGA: 1000 Gagasan: Karina Dwita Shafira


Berbekal keahliannya dalam pekerjaan di bidang penelitian serta pengetahuannya mengenai teknik kehutanan, Hasna turut berkontribusi memberikan gagasannya pada seri 1000 Gagasan Ekonomi tanpa Merusak  Lingkungan yang bertajuk Pengoptimalan Jasa Lingkungan Hutan untuk Mewujudkan Pembangunan Ekonomi tanpa Deforestasi. Munculnya gagasan ini, bagi Hasna dilatarbelakangi oleh banyaknya anggapan bahwa hutan memiliki fungsi lingkungan yang tinggi, namun tidak sebanding dengan beban biaya (cost centre) yang dikeluarkan.


Padahal, jika dikaji lebih dalam, hutan pada dasarnya memiliki jasa lingkungan yang tidak hanya berfungsi sebagai sistem penyangga kehidupan, namun juga dapat dioptimalkan manfaatnya dalam menyokong perekonomian Indonesia. Jasa lingkungan hutan sebagai provisioning (penyediaan), regulating (regulasi iklim, air, dan tanah), cultural (pendidikan dan rekreasi), maupun supporting (produksi primer dan siklus hara) dapat dimanfaatkan secara ekonomi, tentunya dengan pengelolaan secara berkelanjutan. Pengoptimalan ini dapat dilakukan melalui skema ekowisata dan perdagangan jasa lingkungan tanpa menghilangkan sedikitpun unsur ekosistem dari hutan itu sendiri.