Surat Terbuka Untuk Joe Biden

SURAT TERBUKA

Jakarta, 22 April 2021 

Kepada Presiden Joseph R. Joe Biden

President United States of America 

The White House 

1600 Pennsylvania Avenue NW 

Washington, DC 20500


Kami mengucapkan apresiasi sebesar-besarnya kepada anda atas gebrakan besar pada awal masa jabatan anda yang bertajuk Leaders Summit on Climate 2021. Pertemuan ini merupakan momen penting dalam memastikan ambisi iklim dunia untuk tetap menjaga target tujuan global menahan kenaikan ratarata suhu bumi tidak melewati ambang batas 1,5˚ C dan anda mempunyai posisi penting untuk memberikan pengaruh positif kepada para pemimpin negara-negara di dunia untuk lebih serius dalam mengatasi krisis iklim yang sudah mulai kita rasakan dampaknya.


Melalui surat terbuka ini kami mewakili 270 juta rakyat Indonesia berterima kasih karena anda juga telah menunjukkan kepedulian terhadap status komitmen iklim Indonesia. Melalui surat ini kami memohon kepada Bapak untuk menggunakan kesempatan ini guna mendorong pemerintah Indonesia untuk lebih serius mengatasi krisis iklim dengan:  


1. Mendorong pemerintah Indonesia untuk berkomitmen untuk mencapai net zero emission pada tahun 2050. Indonesia belum menentukan secara resmi di tahun kapan kami akan mencapai target net zero emissions. Dari beberapa diskusi memang telah muncul narasi bahwa target net zero emisi Indonesia akan dipatok pada tahun 2070, namun kami merasa target tersebut terlalu lambat untuk menghindari dampak perubahan iklim yang lebih berat. Hal ini penting mengingat, hasil analisis berbagai ahli didapatkan bahwa target NDC kami masih sangat rendah. Oleh karena itu, agar trayektori emisi Indonesia lebih selaras dengan Perjanjian Paris, kami mohon anda untuk lebih proaktif menagih dan memastikan tindakan nyata dari pemimpin Indonesia Bapak Joko Widodo mengenai komitmen ambisi iklim Indonesia dalam pertemuan Leaders Summit on Climate 2021.


2.Memberikan contoh dan dukungan nyata atas berbagai program berkelanjutan baik di dalam maupun di luar negeri. Sebagai negara maju dan pengemisi karbon kedua terbesar di dunia, kami berharap bahwa negara Amerika Serikat, khususnya melalui kepemimpinan anda, dapat memberikan contoh kesuksesan implementasi program pengurangan emisi karbon baik di dalam maupun diluar negeri. Tidak terbantahkan lagi bahwa AS memiliki nilai investasi yang besar di Indonesia baik di sektor swasta maupun publik. Untuk itu, kami menagih langkah konkret dari pemerintahan Anda dengan mengalihkan investasi luar negeri AS, baik sektor publik maupun swasta, menjadi investasi hijau. Salah satunya adalah dengan mendorong penerapan kebijakan penggunaan 100% energi terbarukan pada setiap investasi yang ditanamkan di Indonesia karena hal ini akan berdampak secara langsung pada penurunan emisi dari sektor energi Indonesia. 


BACA JUGA: Banyak Kajian Tunjukkan Indonesia Mampu Capai Netral Karbon Sebelum 2070


3. Membuka peluang investasi hijau bagi Indonesia. Kesepakatan antara AS dan Cina untuk penyediaan dana hijau menjadi langkah yang sangat baik dalam membantu negara berkembang dalam melakukan transisi energi. Saat ini Indonesia masih terkendala pendanaan dalam transisi fosil ke energi terbarukan yang mana saat ini 85% total produksi energi Indonesia masih berasal dari fosil. Dukungan investasi hijau akan mendorong Indonesia dalam mempercepat pemenuhan target bauran energi dan bertransformasi ke pengembagan energi terbarukan dalam mendukung perbaikan sektor Environmental, Social, and Good Governance (ESG) maupun NDC Indonesia.


4. Mendukung implementasi program pembangunan berkelanjutan di sektor Land Use, Land Use Change and Forestry (LULUCF) melalui pendanaan program-program konservasi serta melalui transfer teknologi dan pengetahuan. Perlu anda ketahui bahwa sektor LULUCF masih merupakan kontributor terbesar dari total emisi gas rumah kaca Indonesia. Oleh karena itu, kami memohon agar pemerintahan anda dapat membantu Indonesia secara konkrit dalam mencapai komitmen perubahan iklimnya baik dari sektor energi maupun sektor LULUCF. Kami berharap anda dapat mendukung pemerintah Indonesia untuk lebih efektif dalam melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan gambut. Dukungan program penyelamatan hutan alam dan hutan mangrove yang tersisa serta meningkatkan laju rehabilitasi kawasan hutan terdegradasi maupun hutan lindung mangrove merupakan contoh solusi berkelanjutan yang dapat menciptakan masyarakat yang lebih tangguh dalam menghadapi dampak perubahan iklim. 


5. Memberikan jaminan keberlangsungan hidup masyarakat adat dan lokal serta keberlanjutan sumber daya lokal melalui investasi yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Kami berharap investasi yang dilakukan di Indonesia mampu memberikan dampak positif dan menunjang kesejahteraan masyarakat adat dan lokal serta tidak mengambil hak-hak pengelolaan sumber daya dan potensi lokal. 


Kami percaya bahwa kolaborasi investasi hijau yang transparan dan berkesinambungan antara AS-Indonesia akan menciptakan atmosfer pembangunan berkelanjutan yang akan mengurangi dampak krisis iklim dan menciptakan peradaban manusia yang lebih tangguh. Demikian surat terbuka ini kami sampaikan untuk kepentingan masyarakat global yang sedang dihadapkan pada ancaman krisis iklim. Besar harapan kami bahwa anda mau menerima masukan yang disampaikan dalam surat ini karena kami percaya bahwa menghadapi krisis iklim memerlukan komitmen dan kerja sama semua pihak.


Hormat kami,



Silahkan download file yang berkaitan dibawah ini:

 Surat Terbuka Untuk Joe Biden.pdf