Madani

Tentang Kami

Analisis Wacana Perubahan Iklim dan NDC Indonesia di Media

Perubahan iklim adalah isu lingkungan hidup yang popular akhir-akhir ini. Indonesia adalah salah satu negara yang bukan hanya terdampak perubahan iklim, namun juga berkomitmen ikut serta mengurangi emisi gas rumah kaca (GRK) sebagai penyebab perubahan iklim.


Salah satu sektor yang menjadi target pengurangan emisi GRK dari Indonesia selain dari kehutanan juga dari sektor energi. Apalagi Indonesia telah berkomitmen dengan mencanangkan pencapaian penurunan emisi gas rumah kaca sebesar 29% dan 41% dengan bantuan internasional di tahun 2030 dalam dokumen National Determined
Contribution (NDC).

NDC adalah dokumen yang dikembangkan untuk mewujudkan kesepakatan Perjanjian Paris (Paris Agreement) yang menetapkan batas kenaikan suhu bumi di bawah 2 derajat Celcius atau di bawah 1,5 derajat Celcius (secara optimis) dibandingkan dengan periode pra-industri. Terkait dengan itulah dilakukan analisis jejaring wacana tentang perubahan iklim dan NDC Indonesia. Analisis wacana dilakukan dengan menggunakan tools Discourse Network Analysis (DNA). 

Discourse network analysis merupakan suatu teknik untuk mem-visualkan wacana baik itu wacana politik, sosial, budaya dan lainnya ke dalam sebuah jaringan. Discourse Network Analysis merupakan kombinasi dari category-based content analysis dan social network analysis. Pendekatan ini memungkinkan kita untuk mengidentifikasi secara sistematis suatu struktur wacana dalam berbagai dokumen tekstual seperti artikel koran/media cetak, transkrip perdebatan di parlemen, dsb. 

Pentingnya suatu topik, posisi dan argumen dalam sebuah perdebatan dapat diidentifikasi melalui aktor sentral dalam sebuah wacana. Selanjutnya discourse network analysis memungkinkan kita menemukan koalisi wacana berdasarkan kesamaan pernyataan, argumen dan posisi kebijakan. Discourse Network Analyzer (DNA), yang merupakan perangkat lunak berbasis JAVA yang dikembangkan oleh Philip Leifeld dari Swiss Federal Institute of Aquatic Science and Technology (Eawag) dan Institute of Political Science, University of Bern. Hasil dari olahan Discourse Network Analyzer (DNA) ini kemudian divisualkan dengan menggunakan perangkat lunak Visone, UCINET, dll.

Untuk dapat mengetahui lebih lanjut terkait dengan analisis ini, silakan download laporan yang tersedia di tautan di bawah ini. Semoga Bermanfaat.

Related Article

id_IDID